Home Unik dan seru Mengerikan! Inilah 5 Bencana Alam Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya Letusan Tambora

Mengerikan! Inilah 5 Bencana Alam Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya Letusan Tambora

by Administrator Kingsmaster 0 comment

Bencana alam bisa melanda kapan saja dan di mana saja. Tak pandang bulu siapa orang yang akan terdampak oleh bencana alam. Bencana atau musibah, terkadang hanyalah siklus alami pergolakan alam, tetapi aktivitas itu menimbulkan banyak korban jiwa manusia, menghancurkan infrastruktur, bahkan bisa melenyapkan suatu peradaban.

Kali ini penulis akan membahas beberapa bencana alam yang langka, aneh, dan tak terduga. Sebagian besar di antaranya disebabkan oleh alam, tetapi sebagian kecilnya juga disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Kita tidak perlu menyalahkan siapa pun dari bencana itu, andai kita paham hukum sebab-akibat, seharusnya kita sudah bisa berpikir jernih dan bijak dalam menjalani kehidupan bersama alam.

1) Hujan Es Hailstorm di Bangladesh, 1986


www.ayocah.or.id

Hujan salju, mungkin itu sudah biasa. Hujan es dengan butiran kecil dan keras, barangkali cukup wajar di daerah dataran tinggi atau subtropis. Namun bagaimana jadinya jika hujan melibatkan gumpalan es keras dengan berat 2 kilogram, turun seperti hujan air yang biasanya, bencana itu terjadi di Gopalganj, Bangladesh. Akibatnya rumah-rumah hancur, pohon-pohon mati, hewan ternak tewas mengenaskan, dan tentu saja korban jiwa manusia sebanyak 92 orang. Bencana alam es hailstorm yang turut diiringi badai lebat itu merupakan bencana alam teraneh yang pernah dialami Bangladesh dalam catatan sejarah.

2) Serbuan Ular Berbisa di St Piere, Martinique, 1902


Ilustrasi | www.terselubung.in

Hewan dari gunung turun ke pemukiman warga akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. Di Indonesia, biasanya terjadi pada sekumpulan babi, rusa, atau beberapa ekor macan. Namun Anda pasti tak akan kuat menghadapi serbuan ular berbisa di pulau Martinique. Mending kalau yang turun itu ular tak berbisa, tetapi ini ular berbisa, dalam jumlah ratusan, menyerbu pemukiman. Bagaikan kutukan, dikutip dari anehdidunia.com (diakses 08/03/2018), bencana alam ini mengakibatkan lebih dari 50 orang tewas akibat gigitan, beserta hewan peliharaan dan ternak. Di kawasan lain di Martinique, diberitakan bahwa beberapa pemukiman harus menghadapi serbuan semut, lipan kaki panjang, dan serangga lain.

3) Great Smog, London, Inggris, 1952


www.thetelegraph.com

Revolusi industri yang masih berkembang di Eropa membuat banyak orang menjalankan bisnis pabrik dan membakar batu bara dengan perencanaan yang kurang matang terhadap dampak lingkungan hidup. Saat itu, industri yang menghadirkan cerobong asap di setiap pabrik tumbuh seperti jamur di musim penghujan, ditambah musim dingin yang membuat warganya membakar batu bara dalam rumah secara berlebihan. Dikutip dari anehdidunia (diakses 08/03/2018), Smog berasal dari kata smoke dan fog (asap dan kabut), menandai bencana besar yang menewaskan ribuan manusia akibat asap tebal. Mulanya, asap-asap itu hanya tipis saja, tetapi semakin hari kian tebal. Akibatnya transportasi lumpuh total, dan jarak pandang hanya beberapa meter. Penyebabnya ternyata karena asap tak terlepas begitu saja dari lapisan udara dingin, asap itu terjebak di lapisan inversi yang dibentuk oleh lapisan padat udara dingin di seluruh kota. Akibatnya lebih dari 8000 orang meninggal dunia karena sesak napas.

4) Tahun Tanpa Musim Panas, Eropa, 1816


www.deviantart.com

Eropa tanpa musim panas, merupakan masa terkelam dalam sejarah bangsa Eropa. Masa-masa itu terjadi pada tahun 1816 akibat cuaca dingin yang berkepanjangan. Namun tidak hanya siklus alami yang menyebabkan eropa hancur, tetapi ditambah pula dengan letusan gunung Tambora di Indonesia pada tahun 1815 yang mengakibatkan abu vulkanik menutupi langit Eropa. Pertanian gagal total, perekonomian macet, penyakit pandemik menyebar, kelaparan yang menjadi-jadi. Pada saat itu orang Eropa berkeyakinan bahwa bencana ini merupakan kutukan Tuhan akibat perbuatan jahat kaum Yahudi, maka pembantaian terhadap orang yahudi juga banyak terjadi.

5) Letusan Gunung Tambora, Indonesia, April, 1815


www.deviantart.com

Dikutip dari okezone.com (diakses 08/03/2018) inilah letusan terdahsyat sepanjang sejarah yang terdokumentasikan manusia dan yang tercatat dalam banyak laporan masyarakat dunia. Meskipun jika dibandingkan dengan letusan gunung api purba Danau Toba (800.000 tahun yang lalu), masih terbilang jauh. Namun letusan Tambora ini telah mengubah peradaban manusia. Bayangkan saja, setelah letusannya itu, 60 ribu orang tewas, langit Eropa menjadi kelam selama satu tahun, kelaparan masal melanda dunia. Letusan itu mempengaruhi kekalahan pasukan Bonaparte, munculnya tokoh horor frankeinstein, dan diciptakannya sepeda yang menggantikan kuda-kuda yang mati.

Sampai saat ini, kerugian terbesar yang ditimbulkan dari bencana alam masih dipegang oleh peristiwa letusan gunung Tambora. Letusan itu menambah kemelut di Eropa yang tengah dilanda musim dingin berkepanjangan (The Day Without Summer), sebab abu vulkanik turut menyebar hampir ke seluruh dunia dan menyebabkan kelaparan masal akibat kegagalan pertanian.

Belajar dari pengalaman masa lalu itu, yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari bencana alam yang suka tiba-tiba datangnya. Menurut Anda, bencana apa yang paling aneh selama ini?

Facebook Comments

You may also like

%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas