Home Wanita 12 Cara agar Menjadi Wanita yang Baik dan Sholehah

12 Cara agar Menjadi Wanita yang Baik dan Sholehah

by Administrator Kingsmaster 0 comment

Seorang wanita merupakan salah satu perhiasan dunia. Maka, tidak heran jika wanita memiliki segala keindahan yang menyenangkan orang yang melihatnya. Berparas cantik, bertubuh indah, bersikap baik, merupakan paket lengkap yang bisa dimiliki oleh seorang wanita. Namun, tidak jarang kita temui wanita yang tampak tidak baik dan seolah merendahkan dirinya sendiri. Wanita seperti itu menggunakan kecantikannya untuk hal-hal yang kurang terpuji. Tentu hal ini bukan merupakan contoh yang tepat untuk menjadi wanita yang baik dan sholehah.
Menjadi wanita sholehah mungkin merupakan dambaan bagi semua wanita. Menjadi seorang wanita yang baik tentu juga merupakan salah satu tips menjadi wanita idaman. Seorang wanita sholehah akan menjadi sebenar-benarnya perhiasan dunia hingga akhirat kelak. Maka, jika kamu ingin menjadi salah satunya, yuk simak beberapa cara agar menjadi wanita yang baik dan sholehah berikut ini:

Senantiasa taat pada perintah Allah
Seorang wanita sholehah pasti akan selalu taat kepada Allah. Dia akan selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi perintah-Nya. Maka, hal inilah yang harus kamu lakukan. Hindarilah hal-hal yang tidak baik dan akan merusak citra dirimu sebagai wanita sholeh. Selain itu, seorang wanita sholehah akan selalu berusaha melakukan cara agar tetap istiqomah dalam kebaikan demi menuju surga yang dia rindukan. Tentu hal ini merupakan tahap awal untuk melakukan cara agar menjadi wanita yang baik dan sholehah.

Taat pada ayah dan suaminya
Bagi seorang wanita, ayah dan suaminya merupakan pelindung dirinya sekaligus orang yang harus dia hormati dan taati. Wanita sholehah yang belum menikah akan selalu taat dan patuh kepada ayahnya, selama ayahnya juga memegang teguh ajaran agama. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi wanita yang baik, ketahuilah peran ayah dalam keluarga sebagai pemimpin dan pelindung bagi anak-anak perempuannya. Maka, kamu pun akan mengerti bahwa kamu harus selalu mengutamakan ayah dalam setiap langkah yang kamu ambil, selama kamu belum menikah.

Namun, jika kamu sudah menikah patuhilah suamimu. Lakukan segala cara mengabdi kepada suami yang kamu bisa lakukan sebagai cara hidup bahagia dalam rumah tangga. Suamimu harus menjadi prioritas dalam hidupmu dan hal ini akan menjadi kunci untuk melakukan cara mencegah suami selingkuh dan tetap menjaga keutuhan rumah tangga sesuai ajaran Islam.

Menjaga pandangan
Untuk menjadi wanita yang baik dan sholehah, kamu harus belajar untuk melakukan cara menjaga pandangan mata. Mata bisa jadi merupakan sumber dari penyakit hati. Misalnya, mencuri-curi pandang lawan jenis yang bisa mengarah ke ciri-ciri wanita genit. Seorang wanita yang sholehah akan cenderung menjaga pandangannya untuk selalu melihat kebaikan dan menghindari melihat apa-apa yang dilarang, termasuk melihat lawan jenis yang bukan muhrimnya.

Menjaga kata-katanya
Cara berikutnya agar menjadi wanita yang baik adalah dengan selalu menjaga kata-kata yang keluar dari mulut. Jangan sampai ada ucapan yang menyakitkan hati keluar dari mulutmu. Hal ini merupakan cara menjaga perasaan orang lain dan mencegah ada seseorang yang tersinggung akibat perkataanmu. Tentu hal ini akan membuatmu dikenal sebagai wanita yang baik oleh orang sekitar.

Selalu sopan dan menjaga akhlaknya
Seorang wanita yang baik dan sholehah harus bisa melakukan cara menghargai orang lain, salah satunya dengan menjaga akhlaknya agar tetap sopan di depan siapapun. Untuk itu, kamu pun harus tahu bagaimana harus bersikap di setiap situasi dan hal ini bisa menjadi cara agar disukai banyak orang di sekitarmu. Kesopananmu akan membuatmu mudah bergaul dengan banyak orang.

Tersenyum
Senyum merupakan salah satu bentuk dari ibadah dan hal ini tidak pernah dilupakan oleh seorang wanita yang baik. Untuk itulah, kamu harus selalu murah senyum dan jangan mudah cemberut. Namun, jagalah agar senyummu berada di tingkat wajar agar tidak berlebihan sebagai cara menghindari perilaku fitnah yang tidak diinginkan..

Selalu berprasangka baik
Untuk melakukan cara menjadi wanita yang baik dan sholehah, kamu juga harus selalu memiliki prasangka baik kepada orang lain. Lakukan cara menghindari sifat hasad dalam diri. Selalu berpikirlah positif pada orang lain dan lakukan cara membersihkan hati agar selalu dipenuhi prasangka yang baik. Hal ini juga bisa jadi merupakan cara menjaga kesehatan hati diri sendiri.

Menjaga rasa malu
Wanita yang baik dan sholehah akan menjaga rasa malunya. Maka, kamu juga harus selalu menjaga sifat malu karena ini merupakan hal mendasar yang harus ada pada setiap wanita. Rasa malu akan membuatmu selalu berhati-hati dalam bersikap. Bukan berarti kamu menjaga image dengan kepura-puraan, namun kamu selalu menjaga agar jangan sampai ada sikapmu yang merusak nama baikmu dan keluarga.

Percaya diri
Untuk menjadi wanita yang baik, kamu juga harus bisa melakukan cara menghilangkan rasa minder dalam bergaul. Kamu tahu bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, maka kamu tidak akan lagi merasa khawatir dengan kekurangan yang kamu miliki. Terimalah dirimu sendiri apa adanya, sembari selalu melakukan cara merubah diri menjadi lebih baik. Dengan keyakinan diri ini pula, kamu akan memahami kekurangan orang lain dan menerima mereka dengan tangan terbuka.

Menjaga harga dirinya
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menjadi wanita yang baik adalah dengan selalu melakukan cara meningkatkan harga diri. Maka, kamu tidak akan melakukan sesuatu yang akan memalukan dan merendahkan dirimu. Hal ini bisa dilakukan, misalnya, dengan selalu berkata-kata yang baik karena kamu percaya bahwa kata-kata merupakan cerminan dari kepribadianmu.

Suka membantu orang lain
Semua orang pasti akan menyukai seseorang yang suka membantu orang lain. Begitu pula jika kamu ingin menjadi wanita yang baik, maka ringankanlah tanganmu untuk membantu orang lain. Hal ini bukan hanya akan meringankan beban orang lain, tapi juga bisa menjadi cara membahagiakan diri sendiri. Bantuan yang kamu berikan pada orang yang membutuhkan sejatinya akan kembali pada dirimu.

Tidak membicarakan keburukan orang lain
Untuk menjadi wanita yang baik, kamu tidak boleh membicarakan keburukan orang lain. Membicarakan keburukan orang lain hanya akan menunjukkan sisi dirimu yang rapuh. Kamu juga akan dipandang sebagai seorang wanita yang suka berghibah dan tentu hal ini bukan merupakan ciri-ciri orang baik hati.

Facebook Comments

You may also like

%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas